cara optimasi SEO Youtube

Tips Sederhana untuk Optimasi SEO Youtube

Mengisi konten Youtube mungkin tak serumit yang dibayangkan karena dengan mengandalkan perangkat kamera video yang ada di ponsel pun bisa dengan mudah untuk membuat video yang bakal dimasukkan dalam akun Youtube Anda. Namun, mungkin tak semua orang memahami bagaimana cara optimasi SEO Youtube sehingga ketika seseorang memasukkan kata kunci tertentu di mesin pencari maka video yang dibuat melalui akun Youtube bisa berada di peringkat atas hasil pencarian baik melalui kolom pencarian Youtube ataupun Google. Tentunya ada berbagai alasan mengapa akun Youtube Anda perlu diioptimasi dan berada di posisi atas pada halaman utama pencarian. Salah satunya untuk mendapatkan Youtube Adsense. Selain itu, optimasi tersebut juga bisa berguna untuk mengoptimalkan view, like, ataupun subsribe dari Youtube channel Anda. klik link ini https://jasa-backlink.net/paket-backlink/jasa-backlink-pbn-manual.

cara optimasi SEO Youtube
cara optimasi SEO Youtube

Tips Optimasi SEO Youtube

Optimasi SEO terhadap video Youtube ini sebenarnya tak kalah penting dengan optimasi website pada umumnya. Ketika channel Youtube Anda sepi pengunjung maka semua ide, kreativitas, ataupun karya yang Anda tampilkan melalui video Youtube tersebut tidak akan ada yang mengetahuinya. Di sisi lain, masih cukup jarang adanya pembahasan tentang optimasi SEO terhadap video Youtube itu sendiri. Inilah mengapa dalam kesempatan ini, Anda perlu mempelajarinya untuk bisa mengoptimasi SEO channel Youtube Anda sehingga bisa menduduki peringkat atas pada hasil pencarian.

  • Riset kata kunci

Melakukan riset kata kunci ini bukan hanya untuk membuat video yang ditampilkan pada Youtube channel menjadi ramah mesin pencari tetapi juga untuk meningkatkan jumlah pengunjung pada video tersebut. Namun, hal pertama yang harus dilakukan memang tak jauh-jauh dari tips SEO pada umumnya yang diterapkan pada website. Pentingnya melakukan riset kata kunci tersebut adalah untuk mengetahui kata kunci apa yang memang populer dan banyak dicari sehingga nantinya bisa menentukan video seperti apa yang ingin dibuat dan diunggah ke channel Youtube tersebut. Selain itu, melalui riset tersebut, Anda juga bisa memprediksi berapa besar traffic serta pendapatan yang akan Anda terima nantinya. Untuk melakukan riset kata kunci, Anda bisa menggunakan Google Adword ataupun dengan memanfaatkan Google Trends yang lebih sederhana dan mudah dilakukan.

  • Buat video menarik dengan durasi panjang

Tentunya, ketika Anda sudah masuk ke ranah Youtube, Anda sebaiknya memahami bahwa hanya video-video menarik saja yang akan banyak dilihat oleh pengunjung. Hal ini juga akan berpengaruh dalam proses optimasi SEO terhadap video Youtube itu sendiri. Ketika Anda sudah melakukan optimasi terhadap video dan membuat video yang Anda buat dan unggah berada di posisi atas, maka sudah sepantasnya bila konten video yang Anda suguhkan untuk pengunjung juga akan sesuai dengan harapan dan ekspektasi dari pengunjung yang mana video tersebut tak hanya berdurasi panjang tetapi juga menarik untuk ditonton.

  • Beri nama file dan judul video dengan kata kunci

Setelah Anda melakukan riset kata kunci dan membuat video yang akan diunggah, maka Anda sebaiknya memperhatikan pemberian nama file serta judul pada video tersebut. Untuk lebih memudahkan mesin pencari menemukan video tersebut maka Anda sebaiknya memberikan kata kunci pada nama file ataupun judul video. Meski demikian, pastikan untuk membuat judul video dengan kata kunci tersebut yang mengesankan natural dan tidak terlalu dipaksakan sehingga mesin pencari juga akan menyukainya.

  • Masukkan kata kunci dalam deskripsi

Deskripsi berguna untuk memberikan penjelasan dan gambaran terkait isi video secara singkat dan informatif kepada para pengunjung. Selain itu, deskripsi ini juga ternyata berguna bagi mesin pencari. Inilah mengapa perlu Anda masukkan kata kunci pada deskripsi namun dalam penempatan yang wajar.

  • Gunakan kata kunci dalam Tag

Cara lain dalam mengoptimasi Youtube adalah melalui penambahan tag yang sesuai dengan kata kunci pilihan. Terdapat keuntungan tersendiri ketika memasukkan tag yang tepat. Salah satu keuntungannya adalah video Anda bisa muncul pada sidebar saat ada video lain yang menggunakan tag yang sama dengan video Anda.

  • Unggah video dengan kualitas HD

Bagaimanapun mesin pencari Youtube akan lebih menyukai video dengan kualitas yang bagus karena ini berkaitan dengan kepuasan penonton sebagai pengguna Youtube. Inilah mengapa ketika Anda ingin optimasi SEO Youtube maka sebaiknya Anda mengunggah video dengan konten yang menarik dan kualitas HD.

7 Share dan promokan video

Setelah Anda mengunggah video yang memang menarik dan berkualitas, langkah selanjutnya untuk meningkatkan optimasi SEO channel Youtube Anda adalah dengan cara membagikan dan mempromosikan video yang Anda unggah. Dalam hal ini, Anda bisa memanfaatkan berbagai media yang ada mulai Facebook, Instagram, social bookmarking, ataupun lainnya supaya bisa lebih dikenali umum terkait keberadaan video Anda.

Cukup sederhana bukan untuk optimasi SEO Youtube. Yang terpenting buatkan konten yang menarik dan berkualitas dan rajin-rajin menyebarkannya di berbagai media.

Referensi :
https://www.youtube.com/watch?v=nFjHKGl0vso

Scroll to top